BNI internet banking adalah fasilitas layanan transaksi perbankan melalui jaringan internet 24 jam 7 hari seminggu, bagi anda nasabah BNI yang menginginkan
kemudahan bertransaksi perbankan melaui jaringan internet kapanpun dan dimanapun anda berada.
Selain bisa menggunakan Internet banking, BNI juga bisa menggunakan fasilitas lain yang diberikan yakni sms banking dan phone banking. Saya sendiri sih
lebih memilih internet banking daripada sms banking karena sms banking terasa lebih boros memakan pulsa sedangkan internet banking menggunakan koneksi
internet yang bisa lebih murah, karena selain menggunakan modem bisa menggunakan wifi. Selain itu pada internet banking terdapat token yang digunakan
sebagai alat untuk memasukan password yang bersifat OTP (one time password), jadi keamanan nya lebih terjamin.
Beberapa hari yang lalu ceritanya saya hendak mentransfer sejumlah uang ke rekening adik saya melalui internet banking BNI, seperti biasa login menggunakan
smartphone saya, login lancar hingga sampai ke menu transfer disitu saya melihat ada yang tidak biasa, tampilan agak sedikit berubah dari sebelumnya, bisa
anda lihat perbedaannya pada gambar dibawah ini :
Jika dirunut dari awal belum terlihat perbedaan, namun jika sudah sampai rekening tujuan disanalah perbedaan mulai nampak. Pada gambar A pada bagian
rekening tujuan ada dua pilihan, pertama pilih dari daftar transfer, kemudian yang kedua input rekening, ceklis tambahkan rekening tujuan bila ingin
menyimpan nomor rekening tujuan, lalu masukan jumlah yang akan di transfer beserta informasi lain. Nah sebaliknya pada gambar B tampilan sedikit berubah
pada rekening tujuan tidak ada option untuk input rekening yang biasanya terletak dibawah option “dari daftar transfer”. Nah loh kemana coba larinya,
bingung kan bagaimana cara input nomor rekeningnya.
Saya coba utak atik sesuai pesan error yang diberikan, akhirnya ketemu juga. Ternyata BNI merubah system nya yang sebelumnya kita dapat melakukan input
nomor rekening tujuan pada saat kita hendak transfer langsung tanpa harus akses ke menu lain terlebih dahulu. Sekarang menu itu terpisah.
Bagi yang bingung
dan belum mengerti bagaimana cara untuk menambahkan rekening tujuan, berikut saya berikan langkah- langkahnya untuk anda yang mungkin pernah mengalaminya.
1.login ke akun e-banking BNI kalian baik itu dengan menggunakan smartphone, tablet ataupun laptop yang penting ada koneksi internetnya. Untuk penggunaan
smartphone atau tablet gunakan versi desktop nya ya. Soalnya di versi mobile sepertinya tidak ada fasilitas untuk menambahkan rekening tujuan. Tapi tidak
tahu juga sih nanti ke depannya bakal ditambahkan atau tidak oleh BNI di versi mobile nya, Cuma saat kemarin saya akses sih belum bisa.
2.lalu pilih menu transaksi, kemudian di menu kiri bawah klik info & Administrasi transfer, kemudian pilih atur rekening tujuan, dan dibagian sebelah
kanan ada pilihan menu scroll tanda panah kebawah pilih “tambah rekening tujuan” atau bisa diliat digambar berikut ini :
3. selanjutnya isi form berikut, tulis nama singkat, kode network & bank saya ambil contoh transfer antar rek BNI, kemudian isikan nomor rekening, dan
data lainnya sesuai gambar berikut :
4. Kemudian anda diminta memasukan nomor otentikasi e-secure untuk proses penyimpanan data rekening tujuan yang telah dibuat.
5. Selanjutnya muncul tampilan berikut ini yang artinya anda sudah berhasil menambahkan nomor rekening tujuan, selanjutnya anda tinggal melakukan transaksi
seperti biasa.
Mungkin itu saja yang bisa saya berikan, mudah-mudah bermanfaat bagi yang belum mengerti dan bingung kemana dan bagaimana menambahkan rekening tujuan yang
kini terpisah dan tidak bisa di input langsung pada saat kita akan melakukan transfer. Jadi sedikit ribet sih. Hehe.
saya juga ngalami itu bro...tapi tetap belum bisa tranfer....karna rekening yg saya tambahkahkan gak keluar di daftar tranfer
ReplyDelete